Dosen

Profil Sumbaji Putranto

Nama : Sumbaji Putranto, M.Pd.
Program Studi : Pendidikan Matematika
Fakultas : Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Jenis Pegawai | Status : Pegawai Negeri Sipil | Aktif Mengajar
Jabatan Akademik | Golongan : Lektor | III/C
Email :
Pendidikan Terakhir : -

Kelas Mata Kuliah Yang Diampu Oleh Sumbaji Putranto, M.Pd. Di Semester Genap TA 2024/2025
No Nama Mata Kuliah SKS Jenis MK Kelas Jadwal
1. Mikroteaching 2 PILIHAN F SEN 10:40-12:20 R: GKT-203
2. Pendidikan Inklusi 2 WAJIB A KAM 08:50-10:30 R: MP-102
3. Pendidikan Inklusi 2 WAJIB B SEL 15:30-17:10 R: TBY-107
4. Pendidikan Inklusi 2 WAJIB C SEL 10:40-12:20 R: TBY-405
5. Proposal Skripsi 1 WAJIB A SAB 14:00-14:50 R: TBY-201
6. Psikologi Anak Berbakat 2 PILIHAN A SEN 07:00-08:40 R: TBY-109
7. Psikologi Anak Berbakat 2 PILIHAN B SEN 16:25-18:05 R: TBY-408
8. Tugas Akhir 1 1 WAJIB A SAB 07:00-07:50 R: TBY-205
9. Tugas Akhir 2 5 WAJIB A MIN 07:00-11:10 R: MP-101

# TAHUN KARYA
Jurnal Ilmiah
1 2025 Pembelajaran Matematika Ideal Pada Kelas Inklusi MAN 2 Sleman: Perspektif Siswa Dengan Hambatan Penglihatan dan Guru .
Dipublikasikan pada Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah.
https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpms/article/view/5...
2 2024 The Great Mathematics Teacher: Student Perspectives in Technology-Based Learning .
Dipublikasikan pada Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika.
https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/vie...
3 2024 The voice of visually impaired students: Differentiated mathematics instruction in an inclusive class .
Dipublikasikan pada Specijalna edukacija i rehabilitacija.
Diterbitkan oleh Specijalna edukacija i rehabilitacija.
https://aseestant.ceon.rs/index.php/specedreh/article/view/5...
4 2024 Differentiated Mathematics Instruction: Perception, Readiness, and Practice of Indonesian Teachers .
Dipublikasikan pada Aula de Encuentro.
https://revistaselectronicas.ujaen.es/index.php/ADE/article/...
5 2024 When Prospective Mathematics Teacher Students Face Inclusive Classes .
Dipublikasikan pada Pasundan Journal of Mathematics Education: Jurnal Pendidikan Matematika.
https://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/1198...
6 2024 Sikap Calon Guru Matematika untuk Mengajar di Kelas Inklusi: Profil dan Faktor yang Mempengaruhi .
Dipublikasikan pada Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus.
https://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/891
7 2024 Evaluation of Inclusive Education in University: Gaps in Program Implementation .
Dipublikasikan pada Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT].
https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JMP-DMT/article/view/189...
8 2024 Active Learning Barriers in Developing Mathematical Proficiency: Comparing Visual Impairment Students’ and Teachers’ Perspective .
Dipublikasikan pada Journal of Curriculum and Teaching.
https://www.sciedupress.com/journal/index.php/jct/article/vi...
9 2023 Eksplorasi Motif Geblek Renteng: Aplikasi Grup Kristalografi dengan Graphical User Interface (GUI) .
Dipublikasikan pada Quadratic: Journal of Innovation and Technology in Mathematics and Mathematics Education.
https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/quadratic/article/v...
10 2023 Dapatkah Hasil Belajar dan Sikap Tanggung Jawab Siswa Meningkat Menggunakan Media Video dalam Pembelajaran Matematika Daring? .
Dipublikasikan pada Journal of Education Action Research.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/...
11 2023 Validitas Aplikasi Android dengan Pendekatan Kontekstual untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan .
Dipublikasikan pada Juring (Journal for Research in Mathematics Learning).
https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/vi...
12 2023 Perspektif Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Secara Blended Learning Selama Masa Transisi .
Dipublikasikan pada RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika.
https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/102877821/1226-libre.p...
13 2020 Dapatkah Self Esteem Siswa Meningkat melalui Pembelajaran Kontekstual dengan Pendekatan Saintifik? .
Dipublikasikan pada Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika.
http://ejournal.uin-suka.ac.id/saintek/jpm/article/view/1785
14 2018 Is it Effective using Peer Tutoring with Realistic Mathematics Education Approach to Improve Slow Learners’ Mathematics Attitudes? .
Dipublikasikan pada International Journal on Emerging Mathematics Education (IJEME) .
http://journal.uad.ac.id/index.php/IJEME/article/view/10487/...

# TAHUN KARYA
Hak Cipta
1 2024 Instrumen Pengukuran Kecakapan Matematis.
https://pdki-indonesia.dgip.go.id/detail/e3b0c44298fc1c149af...
2 2024 Model Pembelajaran CAKAP.
https://pdki-indonesia.dgip.go.id/detail/e3b0c44298fc1c149af...
3 2021 SEBANGKU (Senang Belajar Kesebangunan dan Kekongruenan). Diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.
https://pdki-indonesia.dgip.go.id/detail/EC00202257707?type=...
4 2021 Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas X pada Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers. Diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.
https://pdki-indonesia.dgip.go.id/detail/EC00202257715?type=...

# TAHUN KARYA
Menulis Karya Pengabdian
1 2024 Training of development recycle-based mathematics learning media for visual impairment students .
2 2024 Penguatan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Pelatihan Penilaian Daring Hasil Belajar Siswa .
3 2024 Pelatihan Literasi Digital Guru Sekolah Dasar Negeri Teganing .
4 2023 Peningkatan Kapasitas Guru Matematika Melalui Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Tindakan Kelas .